Jumat, 18 Februari 2011

Workshop II (Perencanaan) RBM Maros

Setelah pelaksanaan Simulasi Musrenbangcam Pengintegrasian di tuntaskan, pada hari yang sama tanggal 18 Februari 2011, Workshop II Ruang Belajar Masyarakat (RBM) Maros di laksanakan dengan agenda utama pematangan dan pengesahan Rencana Kerja (RKTL) Tahun 2011, konsolidasi Kelompok Kerja (Pokja) RBM dan penyusunan kerangka acuan kegiatan per-bidang. Kegiatan ini didahului oleh prasaran (suplemen) yang di sampaikan oleh Sudirman S.Sos (Faskab Integrasi PNPM-MPd Maros).





Kegiatan yang akan dikembangkan nantinya adalah Penguatan Kapasitas Masyarakat (PKM), Community Base Monitoring (CBM), Advokasi, Pengembangan Media. Diharapkan RBM Maros dapat melahirkan good practice dan lesson learned dalam mengakselerasikan, mengintegrasikan dan melembagakan sistem pembangunan partisipatif di Kabupaten Maros.

Meskipun RBM Lahir dari rahim PNPM MPd, akan tetapi RBM memiliki visi  untuk semua masyarakat. RBM sebagai forum multistakeholders pemerhati pemberdayaan di Maros yang merasa care dengan
model pemberdayaan DOUM yang dikembangkan oleh PNPM, merasa tertantang untuk terus mengawal dan mengintegrasikan sistem pembangunan dengan motto perencanaan, pelaksanaan dan monitoring yang integratif dan partisipatif.

Salah satu kegiatan yang akan dikawal dalam waktu dekat dimana Maros menjadi proyek percontohan di Sulsel adalah Pelaksanaan Musrembang Kecamatan Pengintegrasian. Olehnya itu, untuk menjamin proses pelaksanaan Musrembang tersebut taat asas dan tepat sasaran, dilaksanakan Simulasi Musrembang Kecamatan yang pelaksanaannya dirangkaikan dengan Workshop II RBM. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Bappeda Maros, Badan Pemberdayaan Masyarakat Maros, PNPM-MPd dan RBM Maros. Insya Allah kegiatan ini akan menjadi tonggak sejarah pengintegrasian pembangunan di Kabupaten maros.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar